MAKALAH
PERKEMBANGAN SOFTWARE APLIKASI BISNIS
Diajukan
untuk memenuhi salah satu mata kuliah Aplikasi Komputer Bisnis
DOSEN PENGAMPU:
Farid Nurdin,
M.Stat
Oleh :
Salma Nabila Bilqis (1199240157)
Siti Pipih (1199240169)
Wisnu Nugraha (1199240185)
Yulia Dwiyanti Putri (1199240187)
JURUSAN MANAJEMEN
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM
UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG
TAHUN 2020
KATA PENGANTAR
Dengan
menyebut nama Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang. Mari kita panjatkan
puji serta syukur kehadirat Allah Swt. atas berkat dan rahmatnya kami dapat
menuntaskan makalah yang berkenaan tentang Perkembangan Software Aplikasi Bisnis
ini.
Ada
pun tujuan dari penulisan dari makalah ini adalah untuk memenuhi salah satu
tugas dari Bapak Farid Nurdin, M.Stat pada mata kuliah Aplikasi Komputer Bisnis.
Selain itu juga, makalah ini bertujuan untuk menambah wawasan tentang hal yang
menjadi Perkembangan Software Aplikasi Bisnis
Kami
mengucapkan terimakasih kepada Bapak Farid Nurdin, M.Stat selaku dosen pada
mata kuliah Aplikasi Komputer Bisnis yang telah memberikan tugas ini sehingga
dapat menambah pengetahuan dan wawasan mengenai Perkembangan Software Aplikasi
Bisnis. Kami menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari kata sempurna. Oleh
karena itu, saran dan kritik yang membangun akan kami nantikan demi kesempurnaan
makalah ini.
Bandung, 28 Maret 2020
Penulis
DAFTAR ISI |
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar belakan
1.2 Rumusan Masalah
1.3 Tujuan
BAB II PEMBAHASAN
1.1 Pengertian Sofware Aplikasi Bisnis
1.2 Perkembangan Software Aplikasi Bisnis
- Software Bisnis Pada Tahun 1970
- Software Bisnis pada Tahun 1980
- Software Bisnis pada Tahun 1990
- Software Bisnis pada Tahun 2000
- Software Bisnis pada tahun 2010
A.Kesimpulan
B.Saran
DAFTAR PUSTAKA
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Komputer biasanya memerlukan
perangkat lunak penunjang yang disebut perangkat lunak sistem yang akan
digunakan untuk mengoperasikan aplikasi perangkat lunak. Adapun perangkat
lunak aplikasi adalah adalah program komputer yang mengandalkan
perintah-perintah yang disampaikan oleh seorang user atau pengguna komputer
agar aplikasi tersebut dapat berjalan sesuai perintah si pengguna tersebut.
Software aplikasi dibuat untuk digunakan melakukan berbagai pekerjaan yang
berhubungan dengan komputer. Dengan adanya software aplikasi ini seorang User
atau pengguna komputer dapat mempermudah pekerjaan mereka secara instant.
Dalam perangkat lunak aplikasi terdapat
macam-macam software aplikasi. Salah satunya ialah software aplikasi bisnis.
Software bisnis adalah perangkat lunak yang digunakan untuk membantu proses
bisnis dalam meningkatkan produktivitasnya. Software bisnis ini telah mengalami banyak sekali perkembangan dari pertama
kali mereka dibuat. Tujuan dari perkembangan software ini pastinya untuk
memastikan bahwa software tersebut mampu memenuhi kebutuhan yang di perlukan
dunia bisnis sekarang ini. Oleh karena itu software
aplikasi berperan sangat penting dalam kehidupan manusia terutama pengguna
computer (business man).
1.2 Rumusan Masalah
- Apa pengertian dari software aplikasi komputer bisnis?
- Bagaimana perkembangan software aplikasi bisnis?
1.3 Tujuan
- Untuk mengetahui pengertian dari software aplikasi komputer bisnis
- Untuk mengetahui perkembangan software aplikasi bisnis dari tahun ke tahun
BAB II
PEMBAHASAN
1.1
Pengertian Sofware Aplikasi Bisnis
Software
aplikasi adalah suatu subkelas perangkat
lunak komputer yang memanfaatkan kemampuan komputer langsung untuk melakukan
suatu tugas penunjang produktivitas kerja yang memberika peranan dan manfaat dalam
optimalisai mutu kerja. Aplikasi komputer merupakan program komputer berguna
untuk melakukan pekerjaan sesuai perintah user. Sedangkan bisnis adalah suatu
kegiatan terorganisasi untuk mendapatkan
keuntungan sebanyak-banyaknya.
Berdasarkan
uraian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa software aplikasi bisnis adalah perangkat lunak yang digunakan sebagai
alat untuk mengelola data menjadi informasi yang berguna bagi kegiatan bisnis
yang digunakan oleh manajemen untuk mengambil kepitusan (Decision Making)
dalam bidang bisnis.
Beberapa aplikasi yang digabung
bersama menjadi suatu paket kadang disebut sebagai suatu paket atau suite
aplikasi (application suite). Contohnya adalah Microsoft Office dan
OpenOffice.org, yang menggabungkan suatu aplikasi pengolah kata, lembar kerja,
serta beberapa aplikasi lainnya. Aplikasi-aplikasi dalam suatu paket biasanya
memiliki antarmuka pengguna yang memiliki kesamaan sehingga memudahkan pengguna
untuk mempelajari dan menggunakan tiap aplikasi. Sering kali, mereka memiliki
kemampuan untuk saling berinteraksi satu sama lain sehingga menguntungkan
pengguna. Contohnya, suatu lembar kerja dapat dibenamkan dalam suatu dokumen
pengolah kata walaupun dibuat pada aplikasi lembar kerja yang terpisah.
1.2
Perkembangan Software Aplikasi Bisnis
A.
Software Bisnis Pada Tahun 1970
1.SAP (System Application and Product in data processing)
SAP adalah singkatan dari Systeme, Andwendungen, Produkte in der Datenverarbeitung yang kemudian di terjemahkan dalam bahasa Inggris sebagai Systems, Applications, Products in Data Processing. Pada awalnya SAP hanya berfokus pada para pelanggan dari kelas ukuran besar namun seiring semakin ketatnya kompetisi dan meningkatnya kesadaran perusahaan-perusahaan kelas kecil-menengah maka fokus pun bergeser ke segmen pasar tersebut. SAP kini menyerdiakan paket solusi ERP untuk perusahaan kecil menengah, yaitu SAP Business One dan SAP All-in-One.
SAP terdiri dari sejumlah modul aplikasi yang mempunyai kemampuan mendukung semua transaksi yang perlu dilakukan suatu perusahaan dan tiap aplikasi bekerja secara berkaitan satu dengan yang lainnya. Semua modul aplikasi di SAP dapat bekerja secara terintegrasi/terhubung yang satu dengan lainnya. Kegunaan SAP, SAP memiliki beberapa modul dan disetiap modulnya mempunyai fingsi dan kegunaan masing masing, yaitu :
- Sales dan Distribution (SD), membantu meningkatkan efisiensi kegiatan operasional berkaitan dengan proses pengelolaan customer order (proses sales, shipping dan billing).
- Materials Management (MM), membantu menjalankan proses pembelian (procurement) dan pengelolaan inventory.
- Production Planning (PP), membantu proses perencanaan dan kontrol daripada kegiatan produksi (manufacturing) suatu perusahaan.
- Financial Accounting (FI), mencakup standard accounting cash management (treasury), general ledger, account payable, account receiveable dan konsolidasi untuk tujuan financial reportin
- Controlling,mencakup cost accounting, mulai dari cost center accounting, cost element accounting, dan analisa profitabilitas.
- Meningkatkan kualitas dari informasi sehingga dapat meningkatkan kemampuan untuk pengambilan keputusan secara cepat dan tepat.
Fungsi dan Kegunaan Menu pada SAP
- Menu bar, sebuah tampilan yang ada pada layar berupa sebuah baris yang berada dibagian atas setiap jendela utama. Menu bar terdiri dari berbagai icon yang dapat anda jumpai seperti, adanya menu, edit, exstrans, system, favorite, dan help. Nantinya menu tersebut adapat anda gunakan semua dalam mengoperasikan SAP ini.
- Command Filed, merupakan salah satu menu yang bisa anda gunakan untuk memulai aplikasi secara langsung, nantinya anda harus memasukkan kode – kode yang merupakan kode transaksi.· Standard toolbar, jika anda ingin mengetahui tombol apa saja yang ada pada SAP. Maka anda bisa memilih menu ini, karena pada menu ini akan membantu anda untuk menampilkan tombol yang ada pada SAP.
2. MRP (Material Requirements Planning) tahun 1970
Material Requirement Planning (MRP) System atau sering juga disebut "Little" MRP. MRP merupakan sistim yang dirancang untuk kepentingan perusahaan manufaktur termasuk perusahaan kecil. ujuan Material Requirement Planning (MRP). Tujuan Sistem MRP adalah untuk :
- mengendalikan tingkat inventori
- menentukan prioritas it
- merencanakan kapasitas yang akan dibebankan pada sistim produksi. memperbaiki layanan kepada pelanggan,
- meminimisasi investasi pada inventori, dan
- memaksimisasi efisiensi operasi
3.
Oracle
Oracle adalah
aplikasi database yang didirikn pada 16 Juni 1977 yang pertama kali mengadopsi
SQL (structure query language) yang menjadi standar bahasa bagi berbagai
DBMS (data base management system) modern. Pada awalnya Oracle adalah
perusahaan pengembang aplikasi database software yang dapat digunakan untuk
mengembangkan sistem informasi dengan basis data terpusat. Dan hingga saat ini
produk Database Oracle masih merupakan database terbaik dan dipakai oleh hampir
semua produk ERP.
Pada perkembangannya
saat ini Oracle yang sudah mengembangkan
banyak sekali alat pengembangan aplikasi (applicaton development tools) yang
handal dan fungsional selain aplikasi DBMS-nya. Berbekal hal-hal tersebut maka
Oracle menawarkan berbagai produk dalam bentuk suite package ERP yang didukung
dengan layanan konsultansi, pendidikan dan dukungan sistem di hampir setiap
negara di dunia.
Keunggulan utama dari produk ERP
hasil pengembangan Oracle adalah fokusnya pada solusi e-business terdepan
1) Perencanaan
rantai nilai (value chain), perencanaan rantai nilai adalah komponen penting
dari rangkaian E-Business yang dibangun di atas landasan bersama dengan produk
Oracle penting lainnya, seperti JD Edwards EnterpriseOne. Ini menawarkan pusat
komando perencanaan lanjutan, optimasi inventaris, pemantauan secara real time
dan perencanaan penjualan, perencanaan kolaboratif, dan banyak lagi.
2) Manajemen
portofolio proyek, alat lain yang menjadikan EB Suite ini unik adalah sistem
manajemen portofolio Proyek yang ditawarkan untuk mendukung siklus sebuah
proyek dan manajemen portofolio dengan sebuah pengelolaan yang akurat dari
semua kegiatan yang terkait dengan proyek, seperti: analisis proyek, penagihan
proyek, biaya, kolaborasi, kontrak, dan lain sebagainya.
3) Manajemen
sumber daya manusia, untuk menghargai pekerjaan personalia sebagai sumber utama
dan mesin penggerak operasi, Oracle juga merancang HCM suite, dan melengkapinya
dengan penyediaan layanan dan manajemen tenaga kerja, analitik SDM, dan
kemampuan manajemen bakat (talent management) para pekerja.
4. Microsoft Business Solution (Microsoft Dynamics)
Microsoft
melalui unit bisnis Business Solution menyediakan 3 jenis
software untuk implementasi ERP, yaitu Microsoft Axapta, Microsoft Great
Plains, Microsoft Navision. Saat ini ketiga jenis software ini telah berbah
nama secara resmi dengan penambahan kata “Dynamics” didepannya. Secara umum produk Microsoft
Dynamics ini mewarisi karakteristik khas produk Microsoft lainnya yaitu:
- User friendly, mudah digunakan dan dapat terintegrasi dengan Microsoft Office yang sudah banyak digunakan oleh pengguna komputer dan sistem aplikasi sehingga meningkatkan produktivitas, mengurangi waktu training, dan mengurangi reluktansi (keengganan) pengguna
- Flexible, mudah diadaptasi dan dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan bisnis yang dinamis dan berubah, atau kebutuhan spesifik industri tertentu.
- Right Size Right Fit, menyediakan fungsi fungsi yang lengkap dan tidak berlebihan yang sudah memenuhi mayoritas kebutuhan pasar.
B. Software Bisnis pada Tahun 1980
1. MRP-II (Material Resource Planning)
Pada 1980-an,
MRP dikembangkan untuk mencakup lebih banyak proses manufaktur, sehingga
mengubah namanya menjadi MRP-II atau Material Resource Planning. Kelebihan
1. Kemampuan
memberi harga lebih
kompetitif
2. Mengurangi
harga penjualan
3. Mengurangi
Inventori
4. Pelayanan
pelanggan yang lebih baik
5.Respon
terhadap permintaan pasar
lebih baik
6.Mengurangi
biaya setup
7.Memberi
catatan kemajuan sehingga
manager dapat merencanakan order
sebelum pesanan
aktual dirilis
Kelemahan MRP
1)
Integritas data,
jika terdapat data salah pada data persediaan, bill material data/master
schedule kemudian juga akan menghasilkan data salah.
2) MRP
systems membutuhkan data spesifik berapa lama perusahaan menggunakan berbagai
komponen dalam memproduksi produk tertentu (asumsi semua variable). HRIS (Human
Resource Information System)(1982)
HRIS adalah
sistem yang berusaha untuk menggabungkan aktivitas yang berhubungan dengan
manajemen sumber daya manusia (SDM) dan teknologi informasi (TI) dalam satu
database umum melalui penggunaan perencanaan sumber daya perusahaan (ERP)
software. Tujuan dari HRIS adalah untuk menggabungkan berbagai bagian sumber
daya manusia, termasuk gaji, produktivitas tenaga kerja, dan manajemen manfaat
ke dalam sistem padat modal kurang dari mainframe yang digunakan untuk
mengelola kegiatan di masa lalu. Juga disebut Sistem Manajemen Sumber Daya
Manusia / Human Resource Management System (HRMS).
Abipro merupakan
aplikasi yang dapat dilihat dari modul yang disediakan bisa dibilang sangat
lengkap karena menyediakan modul pembelian, penjualan, persediaan, buku besar,
kas/bank dan aktiva tetap. Lebih spesifik Abipro juga menyediakan manajemen
cek, konsolidasi, multi currency, multi project, multi department dan multi
level harga dalam software nya tersebut.
Sedangkan untuk modul inventory Abipro tidak menyediakan expire date dari barang.Dapat menampilkan hasil laporan keuangan dalam bentuk grafik yang bervariasi Dapat menampilkan hasil laporan keuangan dalam bentuk grafik yang bervariasi Dapat melakukan modifikasi software sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda
Sedangkan untuk modul inventory Abipro tidak menyediakan expire date dari barang.Dapat menampilkan hasil laporan keuangan dalam bentuk grafik yang bervariasi Dapat menampilkan hasil laporan keuangan dalam bentuk grafik yang bervariasi Dapat melakukan modifikasi software sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda
3. PeopleSoft 1987)
PeopleSoft
Oracle dirancang untuk mengatasi kebutuhan bisnis menyediakan bisnis dan
industri yang komprehensif solusi, memungkinkan organisasi untuk meningkatkan
produktivitas, mempercepat kinerja bisnis, dan memberikan biaya kepemilikan
yang lebih rendah. Modul modul yang terdapat pada people soft Enterprise
Application
1) Oracle’s
PeopleSoft Supply Chain Management (SCM), menyediakan solusi kohesif namun
fleksibel untuk rantai pasokan disinkronkan, mengemudi efisiensi dalam
penghematan biaya lebih dari Anda seluruh plan-to-produce dan order-to-cash
proses bisnis.
2) Asset
Lifecyle Managemen, fitur yang ditawarkan meliputi kemampuan mengintegrasikan
perencanaan, akuisisi, operasi, leasing, pemeliharaan dan pembaruan asset.
Penelusuran terhadap asset dimulai dari pengadaan pengoperasian hinga
pemeliharaan sehingga memudahkan perusahaan dalam mengontrol pemanfaatan asset
tersebut.
3) Enterprise
Customer Relationship Management (CRM), merupakan sekelompok aplikasi untuk
mengelola hubungan dengan konsumen. Manfaat sekelompok aplikasi ini adalah
membantu perusahaan dan mengelola konsumennya, mempelajari konsumen dan
mendukung eksekusi strategi bisnis tertentu terhadap konsumen.
4) Enterprise
Performance Management, merupakan paket aplikasi yang menyediakan penelusuran
kinerja atas setiap anggaran dan tahapan suklus manajemen, membantu manajer
merumuskan strategi untuk meningkatkan keuntungan, menyelaraskan strategi
dengan rencana operasional, dan secara aktif memonitor operasi harian.
4. Industrial and Financial System (IFS)
IFS adalah
vendor ERP dari Swedia yang didirikan pada tahun 1983. Beberapa manfaat yang
dapat diperoleh dengan menggunakan aplikasi IFS dalam pengelolaanrantai suplay
adalah sebagai berikut:
1) Kemampuan
melakukanestimasi (forecasting).
2) Kemampuan
melakukan proses perunutan (tracking).
3) Kemampuan
memberikan data dan informasi dengan cepat dan akurat.
4) Kemampuan
untuk mengelola gudang logistic dengan lebih efisien.
5) Kemampuan
untuk menganalisa untuk membantu proses pengambilan keputusan.
C. Software Bisnis pada Tahun 1990
WinQSB merupakan aplikasi perangkat lunak QSB (Quantitative
System for Business) yang mengandung algoritma pemecahan masalah untuk riset
operasi maupun untuk ilmu manajamen. Aplikasi ini diciptakan oleh Yih-Long
Chang pada tahun 1998 . Software QSB
(Quantity System for business) atau umumnya juga dikenal dengan nama WINQSB
(QSB yang berjalan pada sistem operasi Windows) merupakan software yang
mengandung algoritma problem solving untuk riset operasi (operational research)
dan untuk ilmu manajemen. Kegunaan dalam bisnis :
1)
Menentukan
jumlah produksi yang paling ‘pas’ dan perubahan yang diijinkan
2)
Pembagian
tugas karyawan yang paling efisien
3)
Menentukan
lokasi usaha yang paling optimal
4)
Menentukan
alokasi pengiriman barang
2. OpenOffice.org (Agustus 1999)
OpenOffice adalah sebuah paket aplikasi perkantoran berkode
terbuka (open source) yang dapat diperoleh secara gratis. Paket tersebut
termasuk komponen-komponen pengolah kata (word
processor), lembar kerja (spreadsheet), presentasi, ilustrasi vektor, dan
gudang data (database).
Aplikasi ini dapat membatu pengusaha jika ingin membuat dan mencetak berbagai dokumen usaha (surat penawaran, daftar barang, dll). selain itu aplikasi ini dapat digunakan untuk membuat anggaran, mengevaluasi kinerja/hasil usaha, dan melakukan presentasi dengan lebih menarik. dengan aplikasi ini pengusaha tidak perlu membeli Microsoft Office.
Aplikasi ini dapat membatu pengusaha jika ingin membuat dan mencetak berbagai dokumen usaha (surat penawaran, daftar barang, dll). selain itu aplikasi ini dapat digunakan untuk membuat anggaran, mengevaluasi kinerja/hasil usaha, dan melakukan presentasi dengan lebih menarik. dengan aplikasi ini pengusaha tidak perlu membeli Microsoft Office.
3. Zoho (Januari 1994)
Zoho, aplikasi
yang berasal dari Amerika Serikat ini menawarkan manajemen campaign, email
marketing, dan lead generation melalui berbagai sumber, seperti website, import
data lead dan lain-lain. Aplikasi ini juga berguna untuk mengintegrasikan
organisasi penjualan dan kegiatan pemasaran. Dengan aplikasi ini, pengusaha
dapat secara efektif merencanakan campaign marketing, melaksanakan email
campaign, hingga melacak pengeluaran marketing. Selain itu, campaign manajemen
terpadu dengan otomatisasi tenaga penjualan akan membantu organisasi dalam
mengukur kinerja, laba atas investasi (ROI) dan efektivitas campaign
4. MYob (1991)
MYOB adalah
perusahaan multinasional Australia yang menyediakan pajak, akuntansi, dan
perangkat lunak layanan bisnis lainnya untuk usaha kecil dan menengah.
Menawarkan alat untuk manajemen pajak, penagihan, penggajian, pengeluaran dan
pelaporan. MYOB memungkinkan pengguna untuk melihat arus kas dan mengelola
penggajian, dan pemilik bisnis dapat mengelola tagihan dengan menautkan tagihan
dan faktur yang tersimpan dengan akun yang sesuai.
MYOB Accounting adalah sebuah software akuntansi yang diperuntukkan bagi usaha kecil menengah ( UKM ) yang dibuat secara terpadu (integrated software). Software ini sebagai alat yang membantu proses pekerjaan akuntansi ada supaya menjadi lebih cepat dan tepat.
MYOB Accounting adalah sebuah software akuntansi yang diperuntukkan bagi usaha kecil menengah ( UKM ) yang dibuat secara terpadu (integrated software). Software ini sebagai alat yang membantu proses pekerjaan akuntansi ada supaya menjadi lebih cepat dan tepat.
- MYOB Accounting versi 15.0 digunakan untuk kegiatan administrasi perusahaan yang memiliki transaksi dengan satu sistem mata uang (single currency). Ex, rupiah. Kegiatan administrasinya pun hanya menggunakan satu komputer saja.
- MYOB Premier 9.0 digunakan untuk kegiatan administrasi perusahaan yang memiliki transaksi dengan berbagai mata uang (multi currency). Ex, IDR dan U$$. Kegiatan administrasinya biasanya melibatkan banyak komputer yang berhubungan satu sama lain (integrated networking)
Fitur-Fitur MyoOB dan kegunaannya
a)
Halaman Depan Program Myob
- OPEN, untuk membuka file MYOB yang sebelumnya telah dibuat
- CREATE, untuk membuat data perusahaan baru.
- EXPLORE, untuk melihat contoh data perusahaan yang telah disediakan oleh MYOB
- WHAT’s NEW,untuk menampilkan beberapa fitur-fitur terbaru dari MYOB
- EXIT, untuk keluar dari program MYOB
- Menu Command Center
- Dalam menu ACCOUNT, terdiri dari beberapa sub menu yang sering digunakan, yaitu : Account List untuk melihat/ menambah/ mengubah/ menghapus daftar akun-akun perusahaan
- Record Journal Entry untuk mencatat transaksi jurnal umum, seperti transaksi-transaksi penyesuaian
- Transaction Journal untuk melihat transaksi jurnal.
Banking berfungsi untuk mencatat transaksi-transaksi pengeluaran dan penerimaan kas, seperti tagihan-tagihan dan beban sewa, listrik, telepon, pembayaran gaji, dll. Dalam menu
BANKING, terdiri dari beberapa sub menu yang sering digunakan, yaitu :
- Spend Money : untuk mencatat transaksi mengeluarkan uang dari bank guna keperluan usaha, selain untuk transaksi pelunasan hutang. Transaksi yang dicatat dalam Spend Money, seperti transaksi : Pembelian Perlengkapan, membayar beban-beban, dll.
- Receive Money : untuk mencatat transaksi penerimaan uang, selain pelunasan piutang dari pelanggan. Transaksi yang dicatat dalam Receive Money, seperti transaksi : Penerimaan pinjaman uang, penerimaan setoran modal, pendapatan bunga dari bank, penjualan aktiva selain persediaan barang, dll.
- Prepare Bank Deposit : untuk mencatat proses pencairan cek/giro yang diterima dari pelanggan atau card lainnya.
- Bank Register : untuk melihat mutasi setiap kas di bank dan dapat menambahkan transaksi perbankan.
- Reconcille Account : untuk melakukan rekonsiliasi bank secara manual, seperti rekonsiliasi kas/bank, piutang dagang, dan hutang dagang.
- Print Cheque : untuk mencetak cek yang telah dibuat.
- Transaction Journal : untuk melihat transaksi jurnal yang dibuat melalui banking.
- Sales berfungsi untuk mencatat transaksi-transaksi penjualan (tunai/kredit), penerimaan pembayaran piutang dari pelanggan, mencatat retur penjualan sekaligus penyerahan uang kas kepada pelanggan
- Time Billing dipakai untuk menghitung penjualan. pembelian, yang menggunakan perhitungan persatuan waktu. misalnya : biaya konsultasi manajemen per jam.
- Purchase untuk mencatat transaksi-transaksi pembelian (tunai/kredit), pembayaran hutang kepada pemasok, mencatat retur pembelian sekaligus penerimaan uang kas dari pemasok.
- Payroll dipakai untuk penggajian karyawan menggunakan sistem payroll, bisa dipakai untuk berbagai macam cara penggajian, seperti jam, harian, mingguan, bulanan.
- Inventory dipakai untuk mencatat aktivitas-aktivitas yang berkaitan dengan persediaan barang dagangan, seperti mencatat, mengubah, menghapus, menetapkan dan menyesuaikan harga persediaan, memasukan hasil perhitungan fisik persediaan barang dagang, dan penerbitan laporan terkait.
- Card FIle berfungsi untuk membuat, mencari, menampilkan, mengubah, menghapus dan mengelompokan catatan individu dan perusahaan. Anda dapat mencatat seluruh informasi mengenai pelanggan/customer dan pemasok/supplier anda, menetapkan pajak dan termin pembayaran dari pelanggan dan pemasok.
5. Zahir (1996)
Zahir Small Business memudahkan pelaku
usaha kecil menengah membuat laporan pembelian dan penjualan barang, mengelola
hutang piutang, mengelola persediaan barang serta membuat laporan pembukuan seperti
laporan kas dan tabungan.
Dirancang oleh
Howard J. Weiss tahun 1996 untuk membantu menyusun perkiraan anggaran untuk
produksi bahan baku menjadi produk jadi. QM for Windows merupakan sotfware yang dirancang untuk
melakukan perhitungan yang diperlukan pihak manajemen untuk mengambil keputusan
di bidang produksi dan pemasaran. Kegunaan :
1) Untuk memaksimalkan keuntungan
2) Manajemen waktu produksi
3) Efisiensi biaya pakan
7.
CRM (Customer Relationship Management, 1997)
CRM (Customer
Relationship Management) adalah strategi bisnis yang memadukan proses, manusia
dan teknologi.. CRM menjangkau banyak bidang dalam organisasi, termasuk penjualan,
layanan Pelanggan, pemasaran. Fitur dan kegunaan CRM :
1)
Sales
Cloud, mampu memaksimalkan penjualan, meningkatkan pendapatan, produktivitas
dan visibilitas dalam bisnis.
2)
Service
Cloud, transformasi layanan pelanggan dan menciptakan hubungan yang baik dengan
mereka.
3)
Marketing
Cloud, memantau dan berpartisipasi dalam jejaring social.
4)
Salesforce
Platform and AppExchange, membuat aplikasi social yang inovatif, mobile dan
Real-Time pada platform yang dapat digunakan oleh lebih dari 100.000 pelanggan.
5)
Salesforce
Chatter, membuat proses bisnis dalam hal social. Bekolaborasi secara Real-Time
dari mana saja.
8. My Budget Book (1999)
Mengelola keuangan dalam bisnis. aplikasi pengelolaan keuangan. Aplikasi bisnis ini mampu membantu kalian untuk mengetahui dari mana sumber penghasilan kalian dan kemana saja pengeluaran yang digunakan selama ini.
Mengelola keuangan dalam bisnis. aplikasi pengelolaan keuangan. Aplikasi bisnis ini mampu membantu kalian untuk mengetahui dari mana sumber penghasilan kalian dan kemana saja pengeluaran yang digunakan selama ini.
ERP adalah
seperangkat software yang berfungsi untuk mengelola dan mengintegrasikan
berbagai aktivitas operasional dalam sebuah bisnis. Perencanaan bisnis strategis mengintegrasikan rencana dan kegiatan
pemasaran, keuangan, dan produksi untuk membuat rencana yang dimaksudkan untuk
mencapai tujuan perusahaan secara keseluruhan. Kegunaan
ERP bagi bisnis :
1)
Mengoptimalkan Efisiensi
2)
Meningkatkan Kolaborasi
3)
Menghemat Biaya Operasional
4)
Meningkatkan Keamanan Data
5) Membuat Prakiraan Bisnis yang Akurat
10.
NetSuite ERP 1198
NetSuite
merupakan salah satu sistem ERP omnichannel yang mungkin tidak pernah Anda
gunakan atau butuhkan, tetapi software ini menjadi pelopor beberapa software
ERP yang telah banyak dijual di pasaran. NetSuite ERP menerima berbagai
penghargaan industry karena menawarkan solusi yang mudah untuk banyak bisnis
dari berbagai industri dan latar
belakang. Kelebihan NetSuite ERP
1)
Supply-chain
yang lebih efisien
2)
Laporan
keuangan yang akurat
3)
Sistem
perencanaan keuangan yang akurat
4)
Adanya
sistem pengelolaan SDM untuk menekan biaya pengelolaannya.
D. Software Bisnis pada Tahun 2000
LinkedIn adalah situs web jaringan sosial yang berorientasi bisnis,
terutama digunakan untuk jaringan profesional diluncurkan secara resmi December
28, 2002. Kegunaannya, yaitu :
1)
Sebagai
sarana untuk membagikan lowongan pekerjaan
2)
Employer
branding perusahaan, erusahaan yang memiliki employer branding positif, yang
menunjukkan perusahaan sebagai tempat kerja yang aman, nyaman, dan kualitas
positif lain, akan lebih mudah menggaet minat pencari kerja
3)
LinkedIn
dapat dijadikan media marketing B2B arketing B2B adalah istilah yang merujuk
kepada praktik pemasaran business to business yakni perusahaan yang menjual
produk atau jasa ke perusahaan lain.
Xero didirikan di sebuah apartemen studio Wellington pada tahun
2006 oleh Rod Drury dan akuntan pribadinya Hamish Edwards ketika mereka merasa
bahwa perangkat lunak akuntansi desktop tradisional telah menjadi usang dan
memutuskan untuk membuat produk berbasis cloud modern. Kantor pusat global Xero
Limited masih berlokasi di Wellington. Xero Sebagai aplikasi akuntansi dengan
Fitur utamanya termasuk umpan bank otomatis, faktur, hutang, klaim biaya,
depresiasi aset tetap, pesanan pembelian, rekonsiliasi bank, dan pelaporan
bisnis dan manajemen standar. Dan fitur unggulannya yaitu, Mobile app,
Invoicing, Financial Reporting, Multi-currency, Dashboard Performa Bisnis.
3. Quickbooks (2002)
Pada Mei 2002 Intuit meluncurkan QuickBooks Enterprise Solutions
untuk bisnis skala menengah. Opsi sekarang termasuk versi untuk pabrikan,
grosir, perusahaan jasa profesional, kontraktor, entitas nirlaba [3] dan
pengecer, selain yang dirancang khusus untuk perusahaan akuntansi profesional
yang melayani beberapa klien bisnis kecil. Fitur-fiturnya, antara lain,
a)
Pelacakan
pendapatan.
b)
Catatan
yang disematkan.
c)
Laporan
otomatis.
d)
Multi-monitor.
e)
Penyesuaian
gaji
f)
Pemindaian
inventaris seluler
g)
Dan
masih banyak lagi
4.
WordPress (2003)
WordPress dirilis pada 27 Mei 2003, oleh para pendirinya, pengembang
Amerika Matt Mullenweg dan pengembang bahasa Inggris Mike Little, sebagai garpu
b2 / cafelog . Perangkat lunak ini dirilis di bawah lisensi GPLv2 (atau lebih
baru). Kegunaannya seperti "WordPress adalah pabrik yang membuat halaman
web" adalah analogi inti yang dirancang untuk memperjelas fungsi
WordPress: ia menyimpan konten dan memungkinkan pengguna untuk membuat dan
menerbitkan halaman web, tidak memerlukan apa pun di luar domain dan layanan
hosting, intinya sebagai media informasi.
5.
Sugar (2004)
SugarCRM adalah sebuah aplikasi komersial kelas dunia untuk
aplikasi manajemen hubungan pelanggan (Customer Relationship Management)
agar terjalin dengan baik, sehingga dapat meningkatkan profit bagi perusahaan. dan
yang terbaik di lingkungan Open Source. . Didirikan
pada tanggal 23 April 2004 oleh John Roberts Sugar terdiri dari module yang
menyediakan spesifik fungsi aspek seperti account, leads, opportunity. Kegunaan SugarCRM :
1) Account Module memungkinkan dapat membuat dan mengelola customer
account
2) Activities Module untuk membuat dan mengelola aktifitas yang
berhubungan dengan account, opportunities, dan lain-lain.
3)
Sugar
module digunakan untuk membantu mengelola hubungan pelanggan melalui setiap
bagian dari sifat mereka, memulai dengan meningkatkan dan mengkualifikasi
leads, melalui proses penjualan, dan untuk mendukung dan memutuskan produk yang
dilaporkan atau hasil pelayanan.
4)
Kegunaann
Otomatis tenaga penjualan
5)
Kampanye
pemasaran
6)
Dukungan
pelanggan
7)
Pelaporan
6. CDP
(Customer Data Platforms, 2000)
Customer data platforms (CDPs) Platform data pelanggan (CDP) adalah jenis perangkat lunak yang dikemas
yang menciptakan database pelanggan
digunakan untuk mengkonsolidasikan dan mengintegrasikan data customer ke
dalam satu database tunggal. Informasi diambil dari berbagai sumber seperti
situs web, aplikasi seluler, dan platform email untuk menawarkan pandangan
lengkap customer. Fungsi CDP bagi bisnis :
1) memprediksi langkah selanjutnya yang optimal dengan
customer.
2) memberikan layanan kepada customer. Surat elektronik,
perangkat lunak gudang data (data warehouse), dan platform lain yang menyimpan
data biasanya dapat berintegrasi dengan CDP.
MetaTrader 4, juga dikenal sebagai MT4 adalah
salah satu aplikasi software yang digunakan oleh trader untuk mengakses ke
sistem broker forex secara online. Dengan Metatrader, trader bisa melakukan
trading forex secara mudah, cepat, serta dilengkapi tools dan fasilitas yang
canggih untuk melakukan analisa. Hampir semua broker di dunia men-support
trader mereka dengan platform aplikasi perdagangan Metatrader ini. Metatrader
memiliki keunggulan karena memberikan fasilitas bagi trader untuk dapat
menambah dan membuat script-script khusus (Custom Indicator, Robot/Expert
Advisor) untuk keperluan trading mereka.
8.
Vtiger
Vtiger diluncurkan sebagai cabang dari versi 1.0 dari
proyek SugarCRM diluncurkan pada tanggal 31 Desember 2004 dan sampai saa kini
dengan versi 6.1 rilis pada 16 September 2014.Vtiger adalah open source
berbasis web yang
dibangun diatas arsitektur
LAMP (Linux, Apache, MySQL, and PHP)/WAMP
(Windows, Apache, MySQL,
and PHP). Kegunaannya :
1)
Customer RelationShip Management : membantu memanage semua data-data customer
dari akun, kontak, sampai prospek dari customer yang bersangkutan
2)
Sales Force Automation : melakukan penjualan
produk dan billing atas customer, terdapat menu quatation, sales order hingga
invoice
Aplikasi ini bermanfaat untuk pelaku usaha yang memiliki
dana mengganggur dan ingin diinvestasikan ke surat berharga (Investasi ini
tidak monopoli pengusaha dengan dana besar, UMKM pun bisa). Denga aplikasi ini,
pelaku usaha akan dibantu menempatkan dana menganggurnya dengan
pertimbangan-pertimbangan yang lebih bisa dipertanggung jawabkan.
10.
ODOO
Odoo merupakan sebuah software aplikasi bisnis yang
mencakup CRM (Customer Relationship Management)
adalah strategi bisnis yang memadukan
proses, manusia dan teknologi.
Selain itu, software ini juga mencakup Project Management, Penjualan (Sales), Manufaktur, Warehouse, serta Manajemen Keuangan.Untuk pengertian lebih mendalam, software open-source, Odoo mengemas semua penjualan, akuntansi, POS, inventaris, dan fitur manajemen proyek yang diperlukan ke dalam unit yang terintegrasi, dan Kelebihan Odoo ERP :
Selain itu, software ini juga mencakup Project Management, Penjualan (Sales), Manufaktur, Warehouse, serta Manajemen Keuangan.Untuk pengertian lebih mendalam, software open-source, Odoo mengemas semua penjualan, akuntansi, POS, inventaris, dan fitur manajemen proyek yang diperlukan ke dalam unit yang terintegrasi, dan Kelebihan Odoo ERP :
1)
Mampu mengelola berbagai operasi bisnis.
2)
Memiliki fitur yang canggih
3)
Menurunkan biaya TCO, akan mengalami
peningkatan pengiriman yang tepat waktu, biaya inventaris dan biaya
administrasi yang lebih rendah, pelaporan yang akurat, dan waktu yang lebih
efisien
4)
Menawarkan fleksibilitas yang tinggi
B. Software Bisnis pada tahun 2010
Buffer adalah aplikasi perangkat lunak untuk web dan seluler, yang
dirancang untuk mengelola akun di jejaring sosial, dengan menyediakan sarana
bagi pengguna untuk menjadwalkan posting ke Twitter , Facebook , Instagram ,
Cerita Instagram , Pinterest , dan LinkedIn, serta menganalisis hasil mereka
dan terlibat dengan komunitas mereka. Fitur-fiturnya :
1)
Analitik
yang lebih spesifik yang memungkinkan perbandingan antara metrik yang berbeda,
seperti antara retweet klik dan pos, mengurutkan data yang berbeda sesuai preferensi
pengguna, dan akumulasi statistik
2)
Fitur
kolaborasi tim yang berisi fitur persetujuan, hak istimewa admin yang
memberikan hak istimewa kepada pengguna yang ditugaskan sebagai manajer atas
anggota lain yang ditugaskan sebagai kontributor, dan memungkinkan lebih banyak
anggota tim untuk mengakses dan mengelola akun
3)
Opsi
ekspor yang memungkinkan data, statistik, dan analisis diekspor ke laporan atau
dokumen apa pun.
MYERP salah satu perusahaan IT yang berkembang pesat di bidang
bisnis perangkat lunak akuntansi dan manajemen (ERP) untuk perusahaan bisnis
menengah dan besar. ERP terbaik 2018 menawarkan Aplikasi yang dibuat mencakup berbagai macam kebutuhan
bisnis, termasuk akuntansi, manajemen hubungan pelanggan, manajemen kontak,
sumber daya manusia, manajemen gudang, dan produk-produk khusus untuk industri
tertentu.
4.
Sleekr (2015)
Sleekr Accounting merupakan sistem aplikasi akuntansi berbasis
komputasi awan (cloud accounting) yang dapat digunakan oleh Usaha Kecil
dan Menengah (UKM) dan perusahaan modern di Indonesia. Sleekr Accounting sudah
memenuhi kebutuhan standar pengelolaan sistem informasi keuangan dalam
perusahaan sehingga pencatatan keuangan perusahaan berjalan dengan baik. Sleekr
Accounting terstruktur dan memenuhi persyaratan PSAK ETAP Standar Akuntansi
Keuangan untuk Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik.
1)
Dapat
melihat dasbor bisnis Anda secara real time kapan saja dan di mana saja.
2)
Dapat
melihat arus kas, bisa melihat jatuh tempo dari invoice, hingga melihat rasio
keuangan penting.
3)
Dasbor
bisnis
4)
Rasio
dan indikator Keuangan
BAB IIIPENUTUP
A. KesimpulanPerkembangan teknologi internet dapat bermanfaat bagi semua bidang diantaranya hadirnya aplikasi internet yang dapat membantu para pebisnis untuk memperluas usahanya dengan perdagangan elecktronik yang disebut e -commerce dan teknologi internet juga membantu para pembisnis untuk mengangembangkan dan meningkatkan produktivitas bisnisnya.
B. SaranProses bisnis dalam menghasilkan suatu produk atau jasa dapat lebih mudah dengan hadirnya teknologi dimana dapat mengubah arus informasi, sehingga memungkinkan lebih banyak orang untuk mengakses dan berbagi informasi, mengubah prosedur yang seharusnya dikerjakan secara berurutan menjadi dapat dilakukan secara bersamaan, serta menghilangkan hambatan-hambatan dalam pengambilan keputusan. E-business sekarang dipandang sebagai transformasi struktur bisnis yang mengubah cara dan model bisnis untuk bersaing mendapatkan laba
Sebagaimana yang sudah dijelaskan didalam tulisan makalah ini penulis menyarankan supaya kita bisa menerapkannya, melihat kondisi kita sekarang di zaman yang serba modern maka kita harus manfaatkannya untuk mempermudah kegiatan kita sehari-hari terutama di bidang usaha bisnis. Mudah-mudahan dengan adanya software aplikasi bisnis dapat membuat perusahaan dapat meningkatkan produktivitas bisnisnya.
DAFTAR PUSTAKA
Gudang Penerbit
Martika, Desi.2016.http://dessymarantika7.blogspot.co.id/2013/04/software-komputer-dan-aplikasi-bisniss.html
Dolo, Agus. 201.http://dilo.id/berita-tangerang/831-5-bisnis-aplikasi-keren-ini-bakal-terkenal-di-2016.html
0 komentar:
Posting Komentar