Sabtu, 25 April 2020

Makalah Mata Kuliah Aplikasi Komputer Binis : Sejarah Aplikasi Komputer dalam Bidang Ekonomi dan Bisnis






MAKALAH

PERKEMBANGAN SOFTWARE APLIKASI BISNIS
Diajukan untuk memenuhi salah satu mata kuliah Aplikasi Komputer Bisnis

DOSEN PENGAMPU:
Farid Nurdin, M.Stat





Oleh :


Salma Nabila Bilqis (1199240157)
Siti Pipih (1199240169)
Wisnu Nugraha (1199240185)
Yulia Dwiyanti Putri (1199240187)


JURUSAN MANAJEMEN
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM
UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG
TAHUN 2020







KATA PENGANTAR


Dengan menyebut nama Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang. Mari kita panjatkan puji serta syukur kehadirat Allah Swt. atas berkat dan rahmatnya kami dapat menuntaskan makalah yang berkenaan tentang Perkembangan Software Aplikasi Bisnis ini.
Ada pun tujuan dari penulisan dari makalah ini adalah untuk memenuhi salah satu tugas dari Bapak Farid Nurdin, M.Stat pada mata kuliah Aplikasi Komputer Bisnis. Selain itu juga, makalah ini bertujuan untuk menambah wawasan tentang hal yang menjadi Perkembangan Software Aplikasi Bisnis
Kami mengucapkan terimakasih kepada Bapak Farid Nurdin, M.Stat selaku dosen pada mata kuliah Aplikasi Komputer Bisnis yang telah memberikan tugas ini sehingga dapat menambah pengetahuan dan wawasan mengenai Perkembangan Software Aplikasi Bisnis. Kami menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari kata sempurna. Oleh karena itu, saran dan kritik yang membangun akan kami nantikan demi kesempurnaan makalah ini.




                                                                                                     Bandung, 28 Maret 2020


                                                                                                    Penulis




DAFTAR ISI


KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI

BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar belakan
1.2 Rumusan Masalah
1.3 Tujuan

BAB II  PEMBAHASAN
1.1 Pengertian Sofware Aplikasi Bisnis
1.2 Perkembangan Software Aplikasi Bisnis
  • Software Bisnis Pada Tahun 1970
  • Software Bisnis pada Tahun 1980
  • Software Bisnis pada Tahun 1990
  • Software Bisnis pada Tahun 2000
  • Software Bisnis pada tahun 2010
BAB III PENUTUP
A.Kesimpulan
B.Saran

DAFTAR PUSTAKA





BAB I

 PENDAHULUAN


1.1 Latar Belakang

Komputer biasanya memerlukan perangkat lunak penunjang yang disebut perangkat lunak sistem yang akan digunakan untuk mengoperasikan aplikasi perangkat lunak. Adapun perangkat lunak aplikasi adalah adalah program komputer yang mengandalkan perintah-perintah yang disampaikan oleh seorang user atau pengguna komputer agar aplikasi tersebut dapat berjalan sesuai perintah si pengguna tersebut. Software aplikasi dibuat untuk digunakan melakukan berbagai pekerjaan yang berhubungan dengan komputer. Dengan adanya software aplikasi ini seorang User atau pengguna komputer dapat mempermudah pekerjaan mereka secara instant.
Dalam perangkat lunak aplikasi terdapat macam-macam software aplikasi. Salah satunya ialah software aplikasi bisnis. Software bisnis adalah perangkat lunak yang digunakan untuk membantu proses bisnis dalam meningkatkan produktivitasnya. Software bisnis ini telah mengalami banyak sekali perkembangan dari pertama kali mereka dibuat. Tujuan dari perkembangan software ini pastinya untuk memastikan bahwa software tersebut mampu memenuhi kebutuhan yang di perlukan dunia bisnis sekarang ini. Oleh karena itu software aplikasi berperan sangat penting dalam kehidupan manusia terutama pengguna computer (business man).

1.2 Rumusan Masalah

  1. Apa pengertian dari software aplikasi komputer bisnis?
  2. Bagaimana perkembangan software aplikasi bisnis?

1.3 Tujuan

  1. Untuk mengetahui pengertian dari software aplikasi komputer bisnis
  2. Untuk mengetahui perkembangan software aplikasi bisnis dari tahun ke tahun

  





BAB II

PEMBAHASAN


1.1    Pengertian Sofware Aplikasi  Bisnis

     Software aplikasi  adalah suatu subkelas perangkat lunak komputer yang memanfaatkan kemampuan komputer langsung untuk melakukan suatu tugas penunjang produktivitas kerja yang memberika peranan dan manfaat dalam optimalisai mutu kerja. Aplikasi komputer merupakan program komputer berguna untuk melakukan pekerjaan sesuai perintah user. Sedangkan bisnis adalah suatu kegiatan  terorganisasi untuk mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya.
       Berdasarkan uraian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa software aplikasi bisnis adalah perangkat lunak yang digunakan sebagai alat untuk mengelola data menjadi informasi yang berguna bagi kegiatan bisnis yang digunakan oleh manajemen untuk mengambil kepitusan (Decision Making) dalam bidang bisnis.
          Beberapa aplikasi yang digabung bersama menjadi suatu paket kadang disebut sebagai suatu paket atau suite aplikasi (application suite). Contohnya adalah Microsoft Office dan OpenOffice.org, yang menggabungkan suatu aplikasi pengolah kata, lembar kerja, serta beberapa aplikasi lainnya. Aplikasi-aplikasi dalam suatu paket biasanya memiliki antarmuka pengguna yang memiliki kesamaan sehingga memudahkan pengguna untuk mempelajari dan menggunakan tiap aplikasi. Sering kali, mereka memiliki kemampuan untuk saling berinteraksi satu sama lain sehingga menguntungkan pengguna. Contohnya, suatu lembar kerja dapat dibenamkan dalam suatu dokumen pengolah kata walaupun dibuat pada aplikasi lembar kerja yang terpisah.

1.2    Perkembangan Software Aplikasi Bisnis

A.  Software Bisnis Pada Tahun 1970

1.SAP (System Application and Product in data processing)


       SAP adalah singkatan dari Systeme, Andwendungen, Produkte in der Datenverarbeitung yang kemudian di terjemahkan dalam bahasa Inggris sebagai Systems, Applications, Products in Data Processing. Pada awalnya SAP hanya berfokus pada para pelanggan dari kelas ukuran besar namun seiring semakin ketatnya kompetisi dan meningkatnya kesadaran perusahaan-perusahaan kelas kecil-menengah maka fokus pun bergeser ke segmen pasar tersebut. SAP kini menyerdiakan paket solusi ERP untuk perusahaan kecil menengah, yaitu SAP Business One dan SAP All-in-One.
    SAP terdiri dari sejumlah modul aplikasi yang mempunyai kemampuan mendukung semua transaksi yang perlu dilakukan suatu perusahaan dan tiap aplikasi bekerja secara berkaitan satu dengan yang lainnya. Semua modul aplikasi di SAP dapat bekerja secara terintegrasi/terhubung yang satu dengan lainnya. Kegunaan SAP, SAP memiliki beberapa modul  dan disetiap modulnya mempunyai fingsi dan kegunaan masing masing, yaitu :
  1. Sales dan Distribution (SD), membantu meningkatkan efisiensi kegiatan operasional berkaitan dengan proses pengelolaan customer order (proses sales, shipping dan billing).
  2. Materials Management (MM), membantu menjalankan proses pembelian (procurement) dan pengelolaan inventory.
  3. Production Planning (PP), membantu proses perencanaan dan kontrol daripada kegiatan produksi (manufacturing) suatu perusahaan.
  4. Financial Accounting (FI), mencakup standard accounting cash management (treasury), general ledger, account payable, account receiveable dan konsolidasi untuk tujuan financial reportin
  5. Controlling,mencakup cost accounting, mulai dari cost center accounting, cost element accounting, dan analisa profitabilitas.
  6. Meningkatkan kualitas dari informasi sehingga dapat meningkatkan kemampuan untuk pengambilan keputusan secara cepat dan tepat.

Fungsi dan Kegunaan Menu pada SAP

  •  Menu bar, sebuah tampilan yang ada pada layar berupa sebuah baris yang berada dibagian atas setiap jendela utama. Menu bar terdiri dari berbagai icon yang dapat anda jumpai seperti, adanya menu, edit, exstrans, system, favorite, dan help. Nantinya menu tersebut adapat anda gunakan semua dalam mengoperasikan SAP ini.
  •   Command Filed, merupakan salah satu menu yang bisa anda gunakan untuk memulai aplikasi secara langsung, nantinya anda harus memasukkan kode – kode yang merupakan kode transaksi.·      Standard toolbar, jika anda ingin mengetahui tombol apa saja yang ada pada SAP. Maka anda bisa memilih menu ini, karena pada menu ini akan membantu anda untuk menampilkan tombol yang ada pada SAP.
2.    MRP (Material Requirements Planning) tahun 1970

      Material Requirement Planning (MRP) System atau sering juga disebut "Little" MRP. MRP merupakan sistim yang dirancang untuk kepentingan perusahaan manufaktur termasuk perusahaan kecil. ujuan Material Requirement Planning (MRP). Tujuan Sistem MRP adalah untuk :
  1. mengendalikan tingkat inventori
  2. menentukan prioritas it
  3. merencanakan kapasitas yang akan dibebankan pada sistim produksi. memperbaiki layanan kepada pelanggan,
  4. meminimisasi investasi pada inventori, dan
  5. memaksimisasi efisiensi operasi

3.    Oracle




Oracle adalah aplikasi database yang didirikn pada 16 Juni 1977 yang pertama kali mengadopsi SQL (structure query language) yang menjadi standar bahasa bagi berbagai DBMS (data base management system) modern. Pada awalnya Oracle adalah perusahaan pengembang aplikasi database software yang dapat digunakan untuk mengembangkan sistem informasi dengan basis data terpusat. Dan hingga saat ini produk Database Oracle masih merupakan database terbaik dan dipakai oleh hampir semua produk ERP.
Pada perkembangannya saat ini Oracle yang  sudah mengembangkan banyak sekali alat pengembangan aplikasi (applicaton development tools) yang handal dan fungsional selain aplikasi DBMS-nya. Berbekal hal-hal tersebut maka Oracle menawarkan berbagai produk dalam bentuk suite package ERP yang didukung dengan layanan konsultansi, pendidikan dan dukungan sistem di hampir setiap negara di dunia.
Keunggulan utama dari produk ERP hasil pengembangan Oracle adalah fokusnya pada solusi e-business terdepan
1)   Perencanaan rantai nilai (value chain), perencanaan rantai nilai adalah komponen penting dari rangkaian E-Business yang dibangun di atas landasan bersama dengan produk Oracle penting lainnya, seperti JD Edwards EnterpriseOne. Ini menawarkan pusat komando perencanaan lanjutan, optimasi inventaris, pemantauan secara real time dan perencanaan penjualan, perencanaan kolaboratif, dan banyak lagi.
2)   Manajemen portofolio proyek, alat lain yang menjadikan EB Suite ini unik adalah sistem manajemen portofolio Proyek yang ditawarkan untuk mendukung siklus sebuah proyek dan manajemen portofolio dengan sebuah pengelolaan yang akurat dari semua kegiatan yang terkait dengan proyek, seperti: analisis proyek, penagihan proyek, biaya, kolaborasi, kontrak, dan lain sebagainya.
3)  Manajemen sumber daya manusia, untuk menghargai pekerjaan personalia sebagai sumber utama dan mesin penggerak operasi, Oracle juga merancang HCM suite, dan melengkapinya dengan penyediaan layanan dan manajemen tenaga kerja, analitik SDM, dan kemampuan manajemen bakat (talent management) para pekerja.


4. Microsoft Business Solution (Microsoft Dynamics)

Microsoft melalui unit bisnis Business Solution menyediakan 3 jenis software untuk implementasi ERP, yaitu Microsoft Axapta, Microsoft Great Plains, Microsoft Navision. Saat ini ketiga jenis software ini telah berbah nama secara resmi dengan penambahan kata “Dynamics” didepannya. Secara umum produk Microsoft Dynamics ini mewarisi karakteristik khas produk Microsoft lainnya yaitu:
  1. User friendly, mudah digunakan dan dapat terintegrasi dengan Microsoft Office yang sudah banyak digunakan oleh pengguna komputer dan sistem aplikasi sehingga meningkatkan produktivitas, mengurangi waktu training, dan mengurangi reluktansi (keengganan) pengguna
  2. Flexible, mudah diadaptasi dan dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan bisnis yang dinamis dan berubah, atau kebutuhan spesifik industri tertentu. 
  3. Right Size Right Fit, menyediakan fungsi fungsi yang lengkap dan tidak berlebihan yang sudah memenuhi mayoritas kebutuhan pasar.

B.  Software Bisnis pada Tahun 1980

1. MRP-II (Material Resource Planning)
Pada 1980-an, MRP dikembangkan untuk mencakup lebih banyak proses manufaktur, sehingga mengubah namanya menjadi MRP-II atau Material Resource Planning. Kelebihan 
1. Kemampuan memberi harga lebih 
    kompetitif
2. Mengurangi harga penjualan
3. Mengurangi Inventori
4. Pelayanan pelanggan yang lebih baik
5.Respon terhadap permintaan pasar 
lebih baik
6.Mengurangi biaya setup
7.Memberi catatan kemajuan sehingga 
manager dapat merencanakan order 
sebelum pesanan aktual dirilis
Kelemahan MRP
1)   Integritas data, jika terdapat data salah pada data persediaan, bill material data/master schedule kemudian juga akan menghasilkan data salah.
2)   MRP systems membutuhkan data spesifik berapa lama perusahaan menggunakan berbagai komponen dalam memproduksi produk tertentu (asumsi semua variable). HRIS (Human Resource Information System)(1982)
HRIS adalah sistem yang berusaha untuk menggabungkan aktivitas yang berhubungan dengan manajemen sumber daya manusia (SDM) dan teknologi informasi (TI) dalam satu database umum melalui penggunaan perencanaan sumber daya perusahaan (ERP) software. Tujuan dari HRIS adalah untuk menggabungkan berbagai bagian sumber daya manusia, termasuk gaji, produktivitas tenaga kerja, dan manajemen manfaat ke dalam sistem padat modal kurang dari mainframe yang digunakan untuk mengelola kegiatan di masa lalu. Juga disebut Sistem Manajemen Sumber Daya Manusia / Human Resource Management System (HRMS).
2.    Abipro (1985)





  Abipro merupakan aplikasi yang dapat dilihat dari modul yang disediakan bisa dibilang sangat lengkap karena menyediakan modul pembelian, penjualan, persediaan, buku besar, kas/bank dan aktiva tetap. Lebih spesifik Abipro juga menyediakan manajemen cek, konsolidasi, multi currency, multi project, multi department dan multi level harga dalam software nya tersebut. 
 Sedangkan untuk modul inventory Abipro tidak menyediakan expire date dari barang.Dapat menampilkan hasil laporan keuangan dalam bentuk grafik yang bervariasi Dapat menampilkan hasil laporan keuangan dalam bentuk grafik yang bervariasi Dapat melakukan modifikasi software sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda
3.    PeopleSoft 1987)






PeopleSoft Oracle dirancang untuk mengatasi kebutuhan bisnis menyediakan bisnis dan industri yang komprehensif solusi, memungkinkan organisasi untuk meningkatkan produktivitas, mempercepat kinerja bisnis, dan memberikan biaya kepemilikan yang lebih rendah. Modul modul yang terdapat pada people soft Enterprise Application
1)   Oracle’s PeopleSoft Supply Chain Management (SCM), menyediakan solusi kohesif namun fleksibel untuk rantai pasokan disinkronkan, mengemudi efisiensi dalam penghematan biaya lebih dari Anda seluruh plan-to-produce dan order-to-cash proses bisnis.
2)   Asset Lifecyle Managemen, fitur yang ditawarkan meliputi kemampuan mengintegrasikan perencanaan, akuisisi, operasi, leasing, pemeliharaan dan pembaruan asset. Penelusuran terhadap asset dimulai dari pengadaan pengoperasian hinga pemeliharaan sehingga memudahkan perusahaan dalam mengontrol pemanfaatan asset tersebut.
3)   Enterprise Customer Relationship Management (CRM), merupakan sekelompok aplikasi untuk mengelola hubungan dengan konsumen. Manfaat sekelompok aplikasi ini adalah membantu perusahaan dan mengelola konsumennya, mempelajari konsumen dan mendukung eksekusi strategi bisnis tertentu terhadap konsumen.
4)   Enterprise Performance Management, merupakan paket aplikasi yang menyediakan penelusuran kinerja atas setiap anggaran dan tahapan suklus manajemen, membantu manajer merumuskan strategi untuk meningkatkan keuntungan, menyelaraskan strategi dengan rencana operasional, dan secara aktif memonitor operasi harian.
4.    Industrial and Financial System (IFS)
IFS adalah vendor ERP dari Swedia yang didirikan pada tahun 1983. Beberapa manfaat yang dapat diperoleh dengan menggunakan aplikasi IFS dalam pengelolaanrantai suplay adalah sebagai berikut:
1)   Kemampuan melakukanestimasi (forecasting).
2)   Kemampuan melakukan proses perunutan (tracking).
3)   Kemampuan memberikan data dan informasi dengan cepat dan akurat.
4)   Kemampuan untuk mengelola gudang logistic dengan lebih efisien.
5)   Kemampuan untuk menganalisa untuk membantu proses pengambilan keputusan.

C.  Software Bisnis pada Tahun 1990

1. WinQSB




WinQSB merupakan aplikasi perangkat lunak QSB (Quantitative System for Business) yang mengandung algoritma pemecahan masalah untuk riset operasi maupun untuk ilmu manajamen. Aplikasi ini diciptakan oleh Yih-Long Chang pada tahun 1998 . Software QSB (Quantity System for business) atau umumnya juga dikenal dengan nama WINQSB (QSB yang berjalan pada sistem operasi Windows) merupakan software yang mengandung algoritma problem solving untuk riset operasi (operational research) dan untuk ilmu manajemen. Kegunaan dalam bisnis :
1)      Menentukan jumlah produksi yang paling ‘pas’ dan perubahan yang diijinkan
2)      Pembagian tugas karyawan yang paling efisien
3)      Menentukan lokasi usaha yang paling optimal
4)      Menentukan alokasi pengiriman barang
2.      OpenOffice.org (Agustus 1999) 


OpenOffice adalah sebuah paket aplikasi perkantoran berkode terbuka (open source) yang dapat diperoleh secara gratis. Paket tersebut termasuk komponen-komponen pengolah kata (word processor), lembar kerja (spreadsheet), presentasi, ilustrasi vektor, dan gudang data (database). 
Aplikasi ini dapat membatu pengusaha jika ingin membuat dan mencetak berbagai dokumen usaha (surat penawaran, daftar barang, dll). selain itu aplikasi ini dapat digunakan untuk membuat anggaran, mengevaluasi kinerja/hasil usaha, dan melakukan presentasi dengan lebih menarik. dengan aplikasi ini pengusaha tidak perlu membeli Microsoft Office.
3.      Zoho (Januari 1994)






Zoho, aplikasi yang berasal dari Amerika Serikat ini menawarkan manajemen campaign, email marketing, dan lead generation melalui berbagai sumber, seperti website, import data lead dan lain-lain. Aplikasi ini juga berguna untuk mengintegrasikan organisasi penjualan dan kegiatan pemasaran. Dengan aplikasi ini, pengusaha dapat secara efektif merencanakan campaign marketing, melaksanakan email campaign, hingga melacak pengeluaran marketing. Selain itu, campaign manajemen terpadu dengan otomatisasi tenaga penjualan akan membantu organisasi dalam mengukur kinerja, laba atas investasi (ROI) dan efektivitas campaign
4. MYob (1991)
MYOB adalah perusahaan multinasional Australia yang menyediakan pajak, akuntansi, dan perangkat lunak layanan bisnis lainnya untuk usaha kecil dan menengah. Menawarkan alat untuk manajemen pajak, penagihan, penggajian, pengeluaran dan pelaporan. MYOB memungkinkan pengguna untuk melihat arus kas dan mengelola penggajian, dan pemilik bisnis dapat mengelola tagihan dengan menautkan tagihan dan faktur yang tersimpan dengan akun yang sesuai.
MYOB Accounting adalah sebuah software akuntansi yang diperuntukkan bagi usaha kecil menengah ( UKM ) yang dibuat secara terpadu (integrated software). Software ini sebagai alat yang membantu proses pekerjaan akuntansi ada supaya menjadi lebih cepat dan tepat.

  • MYOB Accounting versi 15.0 digunakan untuk kegiatan administrasi perusahaan yang memiliki transaksi dengan satu sistem mata uang (single currency). Ex, rupiah. Kegiatan administrasinya pun hanya menggunakan satu komputer saja.

  •  MYOB Premier 9.0 digunakan untuk kegiatan administrasi perusahaan yang memiliki transaksi dengan berbagai mata uang (multi currency). Ex, IDR dan U$$. Kegiatan administrasinya biasanya melibatkan banyak komputer yang berhubungan satu sama lain (integrated networking)

 Fitur-Fitur MyoOB dan kegunaannya
a)    Halaman Depan Program Myob

  1. OPEN, untuk membuka file MYOB yang sebelumnya telah dibuat
  2. CREATE, untuk membuat data perusahaan baru.
  3. EXPLORE, untuk melihat contoh data perusahaan yang telah disediakan oleh MYOB
  4. WHAT’s NEW,untuk menampilkan beberapa fitur-fitur terbaru dari MYOB
  5. EXIT, untuk keluar dari program MYOB
  • Menu Command Center



Accounts adalah komponen utama dari sistem akuntansi perusahaan, yang merupakan ringkasan dari seluruh aktivitas perusahaan, berfungsi untuk memodifikasi bagan akun, memasukan saldo awal akun-akun, dan proses penjurnalan transaksi umum


  • Dalam menu ACCOUNT, terdiri dari beberapa sub menu yang sering digunakan, yaitu : Account List untuk melihat/ menambah/ mengubah/ menghapus daftar akun-akun perusahaan
  • Record Journal Entry untuk mencatat transaksi jurnal umum, seperti transaksi-transaksi penyesuaian
  • Transaction Journal untuk melihat transaksi jurnal.


Banking berfungsi untuk mencatat transaksi-transaksi pengeluaran dan penerimaan kas, seperti tagihan-tagihan dan beban sewa, listrik, telepon, pembayaran gaji, dll. Dalam menu BANKING, terdiri dari beberapa sub menu yang sering digunakan, yaitu :
  • Spend Money : untuk mencatat transaksi mengeluarkan uang dari bank guna keperluan usaha, selain untuk transaksi pelunasan hutang. Transaksi yang dicatat dalam Spend Money, seperti transaksi : Pembelian Perlengkapan, membayar beban-beban, dll.
  • Receive Money : untuk mencatat transaksi penerimaan uang, selain pelunasan piutang dari pelanggan. Transaksi yang dicatat dalam Receive Money, seperti transaksi : Penerimaan pinjaman uang, penerimaan setoran modal, pendapatan bunga dari bank, penjualan aktiva selain persediaan barang, dll.
  • Prepare Bank Deposit : untuk mencatat proses pencairan cek/giro yang diterima dari pelanggan atau card lainnya.
  • Bank Register : untuk melihat mutasi setiap kas di bank dan dapat menambahkan transaksi perbankan.
  • Reconcille Account : untuk melakukan rekonsiliasi bank secara manual, seperti rekonsiliasi kas/bank, piutang dagang, dan hutang dagang.
  • Print Cheque : untuk mencetak cek yang telah dibuat.
  • Transaction Journal : untuk melihat transaksi jurnal yang dibuat melalui banking.
  • Sales berfungsi untuk mencatat transaksi-transaksi penjualan (tunai/kredit), penerimaan pembayaran piutang dari pelanggan, mencatat retur penjualan sekaligus penyerahan uang kas kepada pelanggan
  • Time Billing dipakai untuk menghitung penjualan. pembelian, yang menggunakan perhitungan persatuan waktu. misalnya : biaya konsultasi manajemen per jam.
  • Purchase untuk mencatat transaksi-transaksi pembelian (tunai/kredit), pembayaran hutang kepada pemasok, mencatat retur pembelian sekaligus penerimaan uang kas dari pemasok.
  • Payroll dipakai untuk penggajian karyawan menggunakan sistem payroll, bisa dipakai untuk berbagai macam cara penggajian, seperti jam, harian, mingguan, bulanan.
  • Inventory dipakai untuk mencatat aktivitas-aktivitas yang berkaitan dengan persediaan barang dagangan, seperti mencatat, mengubah, menghapus, menetapkan dan menyesuaikan harga persediaan, memasukan hasil perhitungan fisik persediaan barang dagang, dan penerbitan laporan terkait.
  • Card FIle berfungsi untuk membuat, mencari, menampilkan, mengubah, menghapus dan mengelompokan catatan individu dan perusahaan. Anda dapat mencatat seluruh informasi mengenai pelanggan/customer dan pemasok/supplier anda, menetapkan pajak dan termin pembayaran dari pelanggan dan pemasok.

5.     Zahir (1996)






Zahir Small Business memudahkan pelaku usaha kecil menengah membuat laporan pembelian dan penjualan barang, mengelola hutang piutang, mengelola persediaan barang serta membuat laporan pembukuan seperti laporan kas dan tabungan.
6.   QM for Windows






Dirancang oleh Howard J. Weiss tahun 1996 untuk membantu menyusun perkiraan anggaran untuk produksi bahan baku menjadi produk jadi. QM for Windows  merupakan sotfware yang dirancang untuk melakukan perhitungan yang diperlukan pihak manajemen untuk mengambil keputusan di bidang produksi dan pemasaran. Kegunaan :
1)   Untuk memaksimalkan keuntungan
2)   Manajemen waktu produksi
3)   Efisiensi biaya pakan
7.      CRM (Customer Relationship Management, 1997)
CRM (Customer Relationship Management) adalah strategi bisnis yang memadukan proses, manusia dan teknologi.. CRM menjangkau banyak bidang dalam organisasi, termasuk penjualan, layanan Pelanggan, pemasaran. Fitur dan kegunaan CRM :
1)   Sales Cloud, mampu memaksimalkan penjualan, meningkatkan pendapatan, produktivitas dan visibilitas dalam bisnis.
2)   Service Cloud, transformasi layanan pelanggan dan menciptakan hubungan yang baik dengan mereka.
3)   Marketing Cloud, memantau dan berpartisipasi dalam jejaring social.
4)   Salesforce Platform and AppExchange, membuat aplikasi social yang inovatif, mobile dan Real-Time pada platform yang dapat digunakan oleh lebih dari 100.000 pelanggan.
5)   Salesforce Chatter, membuat proses bisnis dalam hal social. Bekolaborasi secara Real-Time dari mana saja.
8. My Budget Book (1999)





  Mengelola keuangan dalam bisnis. aplikasi pengelolaan keuangan. Aplikasi bisnis ini mampu membantu kalian untuk mengetahui dari mana sumber penghasilan kalian dan kemana saja pengeluaran yang digunakan selama ini.
9.     ERP (Enterprise Resource Planning, 1990)


ERP adalah seperangkat software yang berfungsi untuk mengelola dan mengintegrasikan berbagai aktivitas operasional dalam sebuah bisnis. Perencanaan bisnis strategis mengintegrasikan rencana dan kegiatan pemasaran, keuangan, dan produksi untuk membuat rencana yang dimaksudkan untuk mencapai tujuan perusahaan secara keseluruhan. Kegunaan ERP bagi bisnis :
1)   Mengoptimalkan Efisiensi
2)   Meningkatkan Kolaborasi
3)   Menghemat Biaya Operasional
4)   Meningkatkan Keamanan Data
5)   Membuat Prakiraan Bisnis yang Akurat
10.      NetSuite ERP 1198




NetSuite merupakan salah satu sistem ERP omnichannel yang mungkin tidak pernah Anda gunakan atau butuhkan, tetapi software ini menjadi pelopor beberapa software ERP yang telah banyak dijual di pasaran. NetSuite ERP menerima berbagai penghargaan industry karena menawarkan solusi yang mudah untuk banyak bisnis dari  berbagai industri dan latar belakang. Kelebihan NetSuite ERP
1)   Supply-chain yang lebih efisien
2)   Laporan keuangan yang akurat
3)   Sistem perencanaan keuangan yang akurat
4)   Adanya sistem pengelolaan SDM untuk menekan biaya pengelolaannya.

D.  Software Bisnis pada Tahun 2000

1.      Linkeld (2002)




LinkedIn adalah situs web jaringan sosial yang berorientasi bisnis, terutama digunakan untuk jaringan profesional diluncurkan secara resmi December 28, 2002. Kegunaannya, yaitu :
1)   Sebagai sarana untuk membagikan lowongan pekerjaan
2)   Employer branding perusahaan, erusahaan yang memiliki employer branding positif, yang menunjukkan perusahaan sebagai tempat kerja yang aman, nyaman, dan kualitas positif lain, akan lebih mudah menggaet minat pencari kerja
3)   LinkedIn dapat dijadikan media marketing B2B arketing B2B adalah istilah yang merujuk kepada praktik pemasaran business to business yakni perusahaan yang menjual produk atau jasa ke perusahaan lain.

2.      Xero (2006)


Xero didirikan di sebuah apartemen studio Wellington pada tahun 2006 oleh Rod Drury dan akuntan pribadinya Hamish Edwards ketika mereka merasa bahwa perangkat lunak akuntansi desktop tradisional telah menjadi usang dan memutuskan untuk membuat produk berbasis cloud modern. Kantor pusat global Xero Limited masih berlokasi di Wellington. Xero Sebagai aplikasi akuntansi dengan Fitur utamanya termasuk umpan bank otomatis, faktur, hutang, klaim biaya, depresiasi aset tetap, pesanan pembelian, rekonsiliasi bank, dan pelaporan bisnis dan manajemen standar. Dan fitur unggulannya yaitu, Mobile app, Invoicing, Financial Reporting, Multi-currency, Dashboard Performa Bisnis.

3.     Quickbooks (2002)



Pada Mei 2002 Intuit meluncurkan QuickBooks Enterprise Solutions untuk bisnis skala menengah. Opsi sekarang termasuk versi untuk pabrikan, grosir, perusahaan jasa profesional, kontraktor, entitas nirlaba [3] dan pengecer, selain yang dirancang khusus untuk perusahaan akuntansi profesional yang melayani beberapa klien bisnis kecil. Fitur-fiturnya, antara lain,
a)      Pelacakan pendapatan.
b)      Catatan yang disematkan.
c)      Laporan otomatis.
d)     Multi-monitor.
e)      Penyesuaian gaji
f)       Pemindaian inventaris seluler
g)      Dan masih banyak lagi
4.      WordPress (2003)
WordPress dirilis pada 27 Mei 2003, oleh para pendirinya, pengembang Amerika Matt Mullenweg dan pengembang bahasa Inggris Mike Little, sebagai garpu b2 / cafelog . Perangkat lunak ini dirilis di bawah lisensi GPLv2 (atau lebih baru). Kegunaannya seperti "WordPress adalah pabrik yang membuat halaman web" adalah analogi inti yang dirancang untuk memperjelas fungsi WordPress: ia menyimpan konten dan memungkinkan pengguna untuk membuat dan menerbitkan halaman web, tidak memerlukan apa pun di luar domain dan layanan hosting, intinya sebagai media informasi.
5.      Sugar (2004)









SugarCRM adalah sebuah aplikasi komersial kelas dunia untuk aplikasi manajemen hubungan pelanggan (Customer Relationship Management) agar terjalin dengan baik, sehingga dapat meningkatkan profit bagi perusahaan. dan yang terbaik di lingkungan Open Source. . Didirikan pada tanggal 23 April 2004 oleh John Roberts Sugar terdiri dari module yang menyediakan spesifik fungsi aspek seperti account, leads, opportunity. Kegunaan SugarCRM :
1)    Account Module memungkinkan dapat membuat dan mengelola customer account
2)    Activities Module untuk membuat dan mengelola aktifitas yang berhubungan dengan account, opportunities, dan lain-lain.
3)   Sugar module digunakan untuk membantu mengelola hubungan pelanggan melalui setiap bagian dari sifat mereka, memulai dengan meningkatkan dan mengkualifikasi leads, melalui proses penjualan, dan untuk mendukung dan memutuskan produk yang dilaporkan atau hasil pelayanan.
4)   Kegunaann Otomatis tenaga penjualan
5)   Kampanye pemasaran
6)   Dukungan pelanggan
7)   Pelaporan
6.      CDP (Customer Data Platforms, 2000)
Customer data platforms (CDPs) Platform data pelanggan (CDP) adalah jenis perangkat lunak yang dikemas yang menciptakan database pelanggan  digunakan untuk mengkonsolidasikan dan mengintegrasikan data customer ke dalam satu database tunggal. Informasi diambil dari berbagai sumber seperti situs web, aplikasi seluler, dan platform email untuk menawarkan pandangan lengkap customer. Fungsi CDP bagi bisnis :
1)   memprediksi langkah selanjutnya yang optimal dengan customer.
2)   memberikan layanan kepada customer. Surat elektronik, perangkat lunak gudang data (data warehouse), dan platform lain yang menyimpan data biasanya dapat berintegrasi dengan CDP.
7.      MetaTrader (MT4)






MetaTrader 4, juga dikenal sebagai MT4 adalah salah satu aplikasi software yang digunakan oleh trader untuk mengakses ke sistem broker forex secara online. Dengan Metatrader, trader bisa melakukan trading forex secara mudah, cepat, serta dilengkapi tools dan fasilitas yang canggih untuk melakukan analisa. Hampir semua broker di dunia men-support trader mereka dengan platform aplikasi perdagangan Metatrader ini. Metatrader memiliki keunggulan karena memberikan fasilitas bagi trader untuk dapat menambah dan membuat script-script khusus (Custom Indicator, Robot/Expert Advisor) untuk keperluan trading mereka.
8.      Vtiger






Vtiger diluncurkan sebagai cabang dari versi 1.0 dari proyek SugarCRM diluncurkan pada tanggal 31 Desember 2004 dan sampai saa kini dengan versi 6.1 rilis pada 16 September 2014.Vtiger adalah open  source   berbasis   web   yang   dibangun   diatas   arsitektur   LAMP (Linux, Apache,  MySQL,  and PHP)/WAMP  (Windows,  Apache,  MySQL,  and  PHP). Kegunaannya :
1)   Customer RelationShip Management  : membantu memanage semua data-data customer dari akun, kontak, sampai prospek dari customer yang bersangkutan
2)   Sales Force Automation : melakukan penjualan produk dan billing atas customer, terdapat menu quatation, sales order hingga invoice
9.  Invest (1 September 2007)




Aplikasi ini bermanfaat untuk pelaku usaha yang memiliki dana mengganggur dan ingin diinvestasikan ke surat berharga (Investasi ini tidak monopoli pengusaha dengan dana besar, UMKM pun bisa). Denga aplikasi ini, pelaku usaha akan dibantu menempatkan dana menganggurnya dengan pertimbangan-pertimbangan yang lebih bisa dipertanggung jawabkan.
10.  ODOO






Odoo merupakan sebuah software aplikasi bisnis yang mencakup CRM (Customer Relationship Management)  adalah strategi bisnis yang memadukan proses, manusia dan teknologi. 
Selain itu, software ini juga mencakup Project Management, Penjualan (Sales), Manufaktur, Warehouse, serta Manajemen Keuangan.Untuk pengertian lebih mendalam, software open-source, Odoo mengemas semua penjualan, akuntansi, POS, inventaris, dan fitur manajemen proyek yang diperlukan ke dalam unit yang terintegrasi, dan Kelebihan Odoo ERP :
1)   Mampu mengelola berbagai operasi bisnis.
2)   Memiliki fitur yang canggih
3)   Menurunkan biaya TCO, akan mengalami peningkatan pengiriman yang tepat waktu, biaya inventaris dan biaya administrasi yang lebih rendah, pelaporan yang akurat, dan waktu yang lebih efisien
4)   Menawarkan fleksibilitas yang tinggi

B.  Software Bisnis pada tahun 2010

1.    Buffer (2010)





Buffer adalah aplikasi perangkat lunak untuk web dan seluler, yang dirancang untuk mengelola akun di jejaring sosial, dengan menyediakan sarana bagi pengguna untuk menjadwalkan posting ke Twitter , Facebook , Instagram , Cerita Instagram , Pinterest , dan LinkedIn, serta menganalisis hasil mereka dan terlibat dengan komunitas mereka. Fitur-fiturnya :
1)   Analitik yang lebih spesifik yang memungkinkan perbandingan antara metrik yang berbeda, seperti antara retweet klik dan pos, mengurutkan data yang berbeda sesuai preferensi pengguna, dan akumulasi statistik
2)   Fitur kolaborasi tim yang berisi fitur persetujuan, hak istimewa admin yang memberikan hak istimewa kepada pengguna yang ditugaskan sebagai manajer atas anggota lain yang ditugaskan sebagai kontributor, dan memungkinkan lebih banyak anggota tim untuk mengakses dan mengelola akun
3)   Opsi ekspor yang memungkinkan data, statistik, dan analisis diekspor ke laporan atau dokumen apa pun.
2.    Trello (2011)




Trello dirilis pada September 2011. Trello sebagai aplikasi manajemen memiliki berbagai pekerjaan dan penggunaan pribadi termasuk  manajemen real estat, manajemen proyek perangkat lunak, papan buletin sekolah, perencanaan pelajaran, akuntansi, desain web, permainan, dan manajemen kasus kantor hukum. API yang kaya serta kemampuan email-in memungkinkan integrasi dengan sistem perusahaan.
3.      MYERP (2010)





MYERP salah satu perusahaan IT yang berkembang pesat di bidang bisnis perangkat lunak akuntansi dan manajemen (ERP) untuk perusahaan bisnis menengah dan besar. ERP terbaik 2018 menawarkan Aplikasi  yang dibuat mencakup berbagai macam kebutuhan bisnis, termasuk akuntansi, manajemen hubungan pelanggan, manajemen kontak, sumber daya manusia, manajemen gudang, dan produk-produk khusus untuk industri tertentu.
4.      Sleekr (2015)



Sleekr Accounting merupakan sistem aplikasi akuntansi berbasis komputasi awan (cloud accounting) yang dapat digunakan oleh Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dan perusahaan modern di Indonesia. Sleekr Accounting sudah memenuhi kebutuhan standar pengelolaan sistem informasi keuangan dalam perusahaan sehingga pencatatan keuangan perusahaan berjalan dengan baik. Sleekr Accounting terstruktur dan memenuhi persyaratan PSAK ETAP Standar Akuntansi Keuangan untuk Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik.
1)   Dapat melihat dasbor bisnis Anda secara real time kapan saja dan di mana saja.
2)   Dapat melihat arus kas, bisa melihat jatuh tempo dari invoice, hingga melihat rasio keuangan penting.
3)   Dasbor bisnis
4)   Rasio dan indikator Keuangan







BAB III
PENUTUP

A.  Kesimpulan
Perkembangan teknologi internet dapat bermanfaat bagi semua bidang diantaranya hadirnya aplikasi internet yang dapat membantu para pebisnis untuk memperluas usahanya dengan perdagangan elecktronik yang disebut e -commerce dan teknologi internet juga membantu para pembisnis untuk mengangembangkan dan meningkatkan produktivitas bisnisnya. 
Proses bisnis dalam menghasilkan suatu produk atau jasa dapat lebih mudah dengan hadirnya teknologi dimana dapat mengubah arus informasi, sehingga memungkinkan lebih banyak orang untuk mengakses dan berbagi informasi, mengubah prosedur yang seharusnya dikerjakan secara berurutan menjadi dapat dilakukan secara bersamaan, serta menghilangkan hambatan-hambatan dalam pengambilan keputusan. E-business sekarang dipandang sebagai transformasi struktur bisnis yang mengubah cara dan model bisnis untuk bersaing mendapatkan laba
         B. Saran
Sebagaimana yang sudah dijelaskan didalam tulisan makalah ini penulis menyarankan supaya kita bisa menerapkannya, melihat kondisi kita sekarang di zaman yang serba modern maka kita harus manfaatkannya untuk mempermudah kegiatan kita sehari-hari terutama di bidang usaha bisnis. Mudah-mudahan dengan adanya software aplikasi bisnis dapat membuat perusahaan dapat meningkatkan produktivitas bisnisnya.






DAFTAR PUSTAKA

Sri Suyatni, Sandra Aulia Zanny.2019. Aplikasi Komunikasi Bisnis. Jakarta:
Gudang Penerbit
          Martika, Desi.2016.http://dessymarantika7.blogspot.co.id/2013/04/software-komputer-dan-aplikasi-bisniss.html































0 komentar: