Sumber : Google |
Installasi Odoo
Odoo berjalan bersifat multiplatform, artinya Odoo dapat di jalankan di beberapa Sistem operasi (Linux, FreeBSD, Windows dsb) yang dapat menjalankan interpreter Python beserta modul-modul yang dibutuhkan, serta menjalankan PostgreSQL sebagai database nya. Proses instalasi aplikasi Odoo tidaklah susah, cukup dengan mengakses laman https://www.odoo.com, maka pengguna akan dituntun dalam proses instalasi maupun penggunaan. Berikut adalah proses instalasi aplikasi Odoo.
Gambar 1 Halaman Utama Website Odoo |
Gambar 2 Halaman Download Odoo |
Gambar 2 merupakan tampilan download aplikasi Odoo. Tunggu hingga proses download
selesai, ukuran file download sebesar 235 MB. Selanjutnya melakukan proses
instalasi Odoo.
Gambar 3 Proses Instalasi Odoo |
Gambar 3 merupakan tampilan instalasi Odoo. Tunggu hingga proses instalasi selesai.
Tahap selanjutnya adalah pembuatan database pada aplikasi Odoo.
Gambar 4 Halaman Pembuatan Database |
Gambar 4 merupakan tampilan aktivasi database pada Odoo. Proses aktivasi memerlukan email dan password pengguna. Selanjutnya akan masuk pada tahap implementasi aplikasi ERP Odoo.
Gambar 5 Halaman Utama Odoo |
Gambar 5 merupakan tampilan utama aplikasi Odoo pada OS Windows, Odoo telah berhasil terinstall pada laptop. Selanjutnya adalah pengimplementasian aplikasi ERP berdasarkan proses bisnis.
Mengenal Modul ODOO
Saat pertama kali menginstal ODOO,
tidak semua modul terinstall secara otomatis, hanya beberapa modul saja yang
terinstall secara default, sehingga di perlukan installasi apabila kita
membutuhkannya, daftar modul pada Odoo dapat dilihat pada gambar 1 :
Gambar 1: Apps/Modul-modul Odoo versi 12.
Pada Odoo versi 12 terdapat 50 modul default yang di tawarkan. Didalam modul tersebut ada aplikasi/modul yang gratis, ada juga aplikasi/modul yang berbayar. Sifat dari aplikasi Odoo yang dinamis dan terbuka, juga menyediakan webservice untuk mesin pengolahnya, maka banyak juga modul Odoo komersial yang di kembangkan oleh perusahaan lain. Odoo versi 12 mempunyai modul standart sebagai berikut :
- CRM Track leads and close opportunities.
- Website Enterprise website builder
- Project Organize and schedule your projects
- Timesheets Track time & costs (komersial)
- Inventory Manage your stock and logistics activities
- Barcode Barcode scanner for warehouses (komersial)
- Invoicing Invoices & Payments
- Accounting Accounting, Taxes, Budgets, Assets (komersial)
- Manufacturing Manufacturing Orders & BOMs
- MRP II Work Orders, Planing, Routing (komersial)
- Product Lifecycle Management (PLM) PLM, ECOs (ada versi komersial dan gratis)
- Quality Quality Alerts, Control Points (komersial)
- Sales From quotations to invoices
- Studio Create and Customize Applications (komersial)
- Point of Sale Tablet POS: shops and restaurants
- Notes Organize your work with memos
- eCommerce Sell your products online
- Purchase Purchase orders, tenders and agreements
- Helpdesk Track support tickets Upgrade
- Employees Centralize employee information
- Attendances Track employee attendance
- Recruitment Track your recruitment pipeline
- Expenses Submit, validate and reinvoice employee expenses
- Dashboards Build your own dashboards
- Contacts Centralize your address book
- Appraisal Assess your employees (komersial)
- Leaves Allocate leaves and follow leave requests
- Discuss Chat, mail gateway and private channels
- Project Forecast Project forecasts, resource allocation (komersial)
- eBay Connector Sell on eBay easily (komersial)
- Subscriptions MRR, Churn, Recurring payments (komersial)
- Sign Send documents to sign online (komersial)
- VoIP Call using VoIP (komersial)
- Appointments Online appointments scheduler (komersial)
- Website Live Chat Chat with your website visitors
- Surveys Create surveys and analyze answers
- Email Marketing Design, send and track emails
- Marketing Automation Build automated mailing campaigns (komersial)
- Lunch Handle lunch orders of your employees
- Maintenance Track equipment and manage maintenance requests
- Calendar Schedule employees meetings
- Publish blog posts, announces, news
- Online Jobs Manage your online hiring process
- Slides Publish videos, slides and documents
- Forum Manage a forum with FAQ and Q&A
- Fleet Manage your fleet and track car costs
- Events Publish events, sell tickets
- Live Chat Chat with your website visitors
- Repairs Repair damaged products
- Android & iPhone Support for Android & iOS Apps (komersial)
Gambar 2: Penawaran Apps/modul Odoo yang berbayar
Alur Menggunakan Odoo
Ilustrasi alur dari Odoo, tidak berbeda dengan alur ERP pada umumnya, ilustrasi alur dapat dilihat pada Gambar 3.
Gambar 4: Alur ERP
Secara umum database pada Odoo adalah tersentralisasi, yang mana masing-masing modul bekerja pada posisi departement nya masing-masing. Pada bagian front office yang berhadapan langsung dengan customer, di situ terdapat modul sales&distribution, Service Application dan modul Odoo lain yang berhubungan dengan customer baik secara online (Website, chat dll) maupun front office onsite.Pada bagian corporate reporting yang berkaitan di situ terdapat modul-modul laporan, modul Human Resource Management dan lain-lain. Sedangkan bagian Back office, terdapat beberapa modul seperti financial, inventory management, manufacture. Pada bagian back-office juga mengatur pembelian ke supplier dan hal-hal yang berkaitan dengan ketersediaan stok (Erp, Isnis and Ov, 2014).
Modul-modul utama di odoo tidak berbeda dengan ERP perdagangan dan manufacture pada umumnya. Modul-modul tersebut saling berhubungan dan terkait, keterkaitan dan hubungan antar modul dapat dilihat pada gambar 4.
Gambar 4: Integrasi antar modul di Odoo
Penjelasan Modul Odoo
Purchase/Manajemen, Pembelian Order Pembelian, Penerimaan, Tegihan Pemasok Manajemen Pembelian memungkinkan anda untuk mencari penjual dari harga penawarannya dan mengkonversikannya menjadi pesanan pembelian. Odoo memiliki beberapa metode pemantauan dan pelacakan faktur penerimaan barang yang dipesan. Kita dapat menangani pengiriman yang partial di Odoo, sehingga kita masih dapat mengetahui barang yang masih akan diantarkan. Odoo memungkinkan sistem untuk menggenerate secara otomatis draft pembelian.
Gambar 7 Dashboard persedian |
Gambar 7 Dashboard
POS |
Gambar 8 Dashboard Pabrik |
Gambar 9 Dashboard Timesheets |
Discuss/Diskusi Diskusi, Milis, Berita. Modul diskusi digunakan untuk berdiskusi, pesan chat atau memberikan berita kepada sesama karyawan pengguna Odoo dalam satu perusahaan tersebut secara real-time. Chat dapat dilakukan ke pribadi atau privasi maupun chat langsung pada group.
Gambar 10 Dashboard Discuss |
Leave Management Leave allocations and leave requests. Odoo "Leave Management" memungkinkan karyawan untuk meninggalkan alokasi dan permintaan untuk durasi mereka dalam beberapa hari. Dengan memasang modul ini, durasi keluar akan dinyatakan dalam jam, bukan hari. Dalam formulir cuti, bidang "durasi" baru (dalam jam) akan ditampilkan dan "durasi" asli (dalam hari) akan disembunyikan.
Sebagai contoh, katakanlah bahwa hari kerja untuk seorang karyawan adalah 8 jam:
1 hari = 8 jam
2 hari = 16 jam
0,5 hari (setengah hari) = 4 jam
0,125 hari = 1 jam
Jika karyawan ingin meminta cuti satu jam: dengan aplikasi Odoo "Leave Management" karyawan akan menulis 0,125 hari dengan modul "hr_holidays_hour" terpasang, karyawan menulis 1.0 jam Jika karyawan ingin meminta setengah hari: dengan aplikasi Odoo "Leave Management” karyawan akan menulis 0,5 hari dengan modul "hr_holidays_hour" terpasang, karyawan menulis 4,0 jam Dalam hal jadwal waktu kerja didefinisikan untuk seorang karyawan, durasi (dalam jam) akan secara otomatis diisi saat menetapkan tanggal awal dan tanggal akhir permintaan cuti. Jika "Waktu Kerja" tidak ditetapkan untuk karyawan, tetapi karyawan memiliki kontrak dengan jadwal kerja, durasi (dalam jam) akan secara otomatis diisi juga.
Productivity/Product Life Cicly Management Sticky notes, Collaborative, Memos Fungsi utama modul productivity ini yaitu digunakan untuk catatan dan membuat daftar tugas/pekerjaan yang harus dilakukan seseorang yang dapat dilihat kapanpun dan dimanapun sehingga produktifitas lebih meningkat. Pada modul ini juga memiliki fitur yang memungkinkan penggunanya untuk berkolaborasi sehingga daftar tugas bisa diselesaikan bersama-sama team.
Expense Submit/Tracker Expenses Validation, Invoicing Expense Tracker, aplikasi yang tersedia di Odoo, dan metode untuk mengg melacak pengeluaran atau pembelian produk yang dibuat oleh karyawan suatu organisasi. Karena melacak manual akun karyawan, pengumpulan tagihan, dan penggantian merupakan proses yang membosankan, antarmuka Odoo yang memiliki catatan internal biaya karyawan dalam tab terpisah dan peningkatan operasi akunnya datang sebagai solusi mudah untuk melacaknya. Odoo juga memiliki beberapa aplikasi penting dan berguna yang membuat ERP tidak hanya mudah tetapi menyenangkan.
CRM - Leads, Opportunities, Activities CRM atau Customer Relationship Management. CRM adalah sebuah pendekatan baru dalam mengelola hubungan korporasi dengan pelanggan pada level bisnis sehingga dapat memaksimumkan komunikasi dan pemasaran melalui pengelolaan berbagai kontak yang berbeda. Pendekatan ini memungkinkan untuk mempertahankan pelanggan dan memberikan nilai tambah secara terus-menerus kepada pelanggan.
Gambar 12 Dashboard CRM |
Projects/Proyek
Projects, Tasks Terpasang Proyek adalah suatu penerapan ilmu pengetahuan,
keahlian dan juga ketrampilan, cara teknis yang terbaik serta dengan sumber
daya yang terbatas untuk mencapai sasaran atau tujuan yang sudah ditentukan
agar mendapatkan hasil yang optimal dalam hal kinerja, waktu, mutu dan
keselamatan kerja. Definisi manajemen proyek yang lainnya adalah suatu kegiatan
merencanakan, mengorganisasikan, mengarahkan, mengawasi serta mengendalikan
sumber daya organisasi perusahaan guna mencapai tujuan tertentu dalam waktu
tertentu dengan sumber daya tertentu.
Gambar 13 Dashboard Proyek |
Employee Centralize/Directory Pekerjaan, Departemen, Detail Karyawan Human Resource Management (HRM) / Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) menurut Garry Dessler adalah kebijakan dan praktek menentukan aspek manusia atau sumber daya manusia dalam posisi manajemen dalam proses memperoleh, melatih, menilai dan memberikan kompensasi kepada karyawan, memperhatikan hubungan kerja mereka, kesehatan, keamanan dan masalah keadilan. Sedangkan menurut pendapat John M. Ivancevich bahwa Manajemen Sumber Daya Manusia yang secara khusus diisi dengan program yang bersangkutan dengan orang – karyawan yang dilakukan dalam fungsi organisasi yang paling efektif memfasilitasi penggunaan orang (karyawan) untuk mencapai tujuan organisasi dan individu. Modul ini terdiri dari submodul yaitu :
- Human
- Resources
- Recruitment
- Time Tracking
- Attendances
- Expenses
- Leave
- Engagement
Gambar 14 Dahsboard Karyawan |
Attendance/Kehadiran Mengelola kehadiran karyawan Odoo Kehadiran adalah kumpulkan semua informasi tentang setiap karyawan di satu tempat, Dapat mengelola Kotrak dengan melacak status karyawan Anda, jabatan pekerjaan, jenis dan tanggal kontrak, dan jadwal mereka. Odoo Kehadiran Dapat mengelola Time sheet digunakan untuk membuat lembar waktu mingguan dan bulanan dan ikuti waktu yang dihabiskan oleh karyawan Anda pada proyek. Mencatat kehadiran karyawan Anda di tempat kerja. Manajer SDM dapat dengan mudah melaporkan kehadiran bulanan karyawan dengan entri dan status menu, dapat mengelola hari libur, Izin legal dan Izin sakit.
Recruitment Process Jobs, Recruitment, Applications, Job Interviews Pada modul Recuitment Process menjelaskan tentang pengisian data karyawan pada jabatan dan pekerjaan dalam suatu perusahaan. Hal ini digunakan untuk melamar pekerjaan dan perusahaan tahu pekerjaan apa yang karyawan inginkan dan kebutuhan perusahaan tersebut Berikut adalah tampilan odoo pada modul Recuitment process.
e-Commerce
Sell Your Products Online e-Commerce atau disebut juga dengan perdagangan
elektronik merupakan aktivitas yang berkaitan dengan pembelian, penjualan,
pemasaran barang dengan memanfaatkan sistem elektronik seperti internet ataupun
jaringan komputer. Dengan ada eCommerce, Proses Penjualan online semakin
lengkap dan saling terintegrasi dan bisa dilakukan secara mudah, simple oleh
User. review demo odoo tentang e-commerce.
Gambar 15 Dashboard e-Commerce |
Website Enterprise/Builder Build Your Enterprise Website Odoo Web
builder Solusi pembuat situs web yang dapat Anda gunakan untuk mendesain situs
Anda sendiri tanpa pengetahuan teknis. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk
dengan mudah mengkonfigurasi dan mengelola situs web Anda dengan alat
sederhana. Layout: Anda dapat memilih salah satu template yang tersedia dan
menyesuaikan kembali tata letaknya dengan menyeret dan menjatuhkan blok sesuai
dengan preferensi Anda. Setelah menambahkan konten Anda, situs web siap untuk
ditayangkan. Situs web sepenuhnya responsif dan memberikan pengalaman yang
menyenangkan bagi pengunjung di semua perangkat. Berorientasi pelanggan: Anda
dapat menggunakan fitur pemasaran terpadu seperti alat SEO, pengoptimalan
AdWords, pelacak tautan, dan pengujian A / B untuk memungkinkan situs Anda
menarik lebih banyak pelanggan. Situs web Odoo dapat membantu Anda meningkatkan
konversi dengan mengubah pengunjung menjadi pembeli dengan ajakan bertindak
yang cerdas. Anda dapat menggunakan aplikasi untuk membuat situs web perusahaan
yang modern dan ramah seluler. Akhirnya, Anda dapat mengintegrasikan perangkat
lunak dengan aplikasi Odoo lainnya serta dengan solusi CRM, penjualan, SDM,
eCommerce, dan acara.
Gambar 16 Dashboard Situs Web |
Pemasaran Email Design, send and track emails. Pemasaran Email sukses yang beresonansi dengan prospek Anda tanpa pengetahuan TI. Dapatkan kontrol penuh atas konten dan tata letak email Anda berkat perangkat lunak yang intuitif dan mudah digunakan. Optimalkan hasil Anda dengan mengirimkan Pemasaran Email Anda ke grup yang ditargetkan dalam database Anda. Pilih prospek, pelanggan, atau grup lain dari daftar kontak Anda berdasarkan negara, berdasarkan tanggal, berdasarkan fungsi dan lebih banyak lagi, semuanya dirancang untuk memastikan Anda mengirim konten hanya kepada orang-orang yang ingin Anda bagikan Untuk memasarkan Email Anda. Memastikan buletin email Anda ditampilkan secara optimal di setiap layar - apakah itu tablet, ponsel, laptop, atau komputer desktop. Konten dinamis kami akan menyesuaikan secara otomatis ke layar pelanggan Anda dengan menyesuaikan jarak dan mengoptimalkan gambar, menawarkan pembacaan yang nyaman di perangkat apa pun.
Gambar 17 Dashboard Mass Mailing |
Publish Blog Post News, Blogs, Announces, Discussions. Modul blog
pada ODOO fokus pada pembuatan konten, membuat halaman konten menjadi lebih
mudah tanpa perlu koding, memiliki fitur drag dan drop, perubahan konten teks
telah dirancang dengan meniru pengalaman aplikasi pengolah kata,
pengorganisasian kategori dan tag yang semakin memudahkan pencarian bagi pengunjung
blog serta telah terintegrasi dengan Google Analytic dan CMS Odoo
Gambar 18 Dashboard Blog |
Slide and Publish Share and Publish Videos, Presentations and Documents Dengan menggunakan Slide di Oddo menggunggah dan terbitkan dalam hitungan detik, Seperti mempublikasikan presentasi Powerpoint anda tersedia bagi siapa saja, persis seperti yang terlihat di komputer Anda dan tanpa perlu program itu sendiri. Untuk memuat video tidak usah rumit cukup mengunggah di YouTube dan bagikan langsung dari situs web Anda, Anda dapat mengunggah dokumen dan gambar seperti infografis, slide, dokumentasi, dan gambar dalam format PDF, PNG, dan JPEG. Promosikan konten Anda hanya dalam beberapa klik Ketika slide diunggah, semua konten ditranskripsi untuk indeksasi terbaik untuk mesin pencari. Anda bisa bagikan dengan mudah di jejaring sosial favorit Anda untuk berinteraksi dengan konten Anda di Facebook, Google+, Twitter dan LinkedIn dan untuk terlibat melalui komentar dan peringkat. Sematkan konten Anda di situs web, blog, dan media sosial. Semua dalam satu klik.
Gambar 19 Dashboard Slide |
Forum Forum, FAQ, Q&A Modul forum adalah modul yang fungsinya
untuk membuat forum, tanya jawab langsung melalui website untuk saling
komunikasi dengan sesama pelanggan, dapat dimoderasi langsung oleh pengguna dan
telah dilengkapi dengan SEO dengan user friendly url. Bagus juga digunakan
untuk menilai kepuasan pelanggan melalui tanya jawab
Gambar 20 Dashboard Forum |
Contacts Directory Modul Contact Directory digunakan untuk menambah, merubah, menyimpan semua kontak baik karyawan, supplier, pelanggan.
0 komentar:
Posting Komentar